Saturday, November 1, 2008

Parotitis Epidemika

Hmm,, it's time to get serious.
Di blog ini g bakalan ngebahas sgala macem yang berhub. dengan pharmacy ataupun kedokteran. Agak ga nyambung?? Yep, karena emang g lebih 'mnyukai' hal-hal seperti itu. Trus knapa malah masuk teknik? Heum.. hmm.. he.. gmana yap, ya udah lah ya, wakk..

Artikel yang bakal g angkat untuk pertama kali ini adalah Gondongan (Mumps/Parotitis Epidemika). Knapa g milih topik ini? Karena salah satu tmen g pernah dserang oleh paramyxovirus ini dan g pnasaran apa penyebab, gejala, ampe pengobatannya. Simple.

Penyebab
Seperti yang udah g katakan, gondongan termasuk penyakit yg disebabkan virus. Nah virusnya ntu paramyxovirus (keren jg buat nama anak, tp jgn deh, guess why?).
Trus kenapa bs kena virus ini? jawabannya krn lo bersentuhan langsung dgn benda2 yg terkontaminasi ludah pnderita. Iiih ngapain tuh? hahaha, ga harus kontak langsung kok, bisa dari percikan ludah, bersin, ato batuk (tp penyebaran ga smudah itu loh, ttp aja kalo sistem imune lo baik, jd nya ga mudah kena).

Apa menariknya?
Biasanya penyakit ini menyerang anak 2-12 tahun. Trus yang udah pernah menderita mumps, akan mempunyai kekebalan seumur hidupnya. Wah,, mirip DB yap?

Yang dikenai biasanya kelenjar parotis (itu loh kelenjar ludah antara telinga dan rahang). Tp pada orang dewasa bs jg testis, sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara, dll (kok jd smuanya sih?).

Gejala
Nah ini tanda2 nya kalo si paramyxovirus ada d dket lu,,
mulai dari mengigil, atit kpala, ga nafsu makan, dmam ringan ampe sedang (well, ini sih banyak pnyakit yg punya tanda2 bginian, putus cinta jg, wahaha).
Nah gejala yang lebih kliatan adalah saat terasa nyeri bila mnelan makanan terutama cairan asam (nelan apa yap? H2SO4?). Jika kelenjar ludah disentuh, akan timbul nyeri. Pembengkakan biasanya terjadi pada hari kedua.

Diagnosa
Diagnosa ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik yang menunjukkan adanya pembengkakan di daerah temporomandibuler

Pengobatan
Nah ni dia bagian farmasi nya, hehe.
Karena tuh penderita susah nelan/ngunyah, makanya d kasi makan yang lunak2 dulu (yah, mak-mak jg tao) dan hindari minum asam. Daerah pipi dan leher jg bisa d kompres buat ngilangin nyeri.
Untuk ngilangin sakit pala ato ga enak badan, minum asetaminofen, kalo ga, ibuprofen (kalo sakit gigi juga d kasi nya ini kok). Nah buat anak Anda (hmm siapa ya?) jgn diberikan aspirin, karena ntar bisa terjadi sindroma reye.

Pencegahan
Vaksinasi gondongan biasanya terdapat dalam bentuk kombinasi dengan campak dan rubella (campak jerman -red), yang disuntikkan melalui otot paha atau lengan atas.

Huff segitu dulu. Tungguin artikel2 lainnya yak. Hehe. Bisa request kalo mw di ceritain ttg pnyakit apa. Hohoho.

5 comments:

Johan Adiguna said...

wew..
temen kita yg si inisial F y do??
si f***y???
wkwkwk

do, laen kali ceritain ttg sakit jiwa dong ato mental disorder gtu.. soalny di TK kan banyak yg mental disorder.. wkwkwkwk.. canda2, no offense guys!! hahaha..

ciao

Edo R. Jallil said...

wahahah,, boleh tu jo'
gw jg rncananya mw critain multiple personal disorder,,

paling klo sakit jiwa krn stress d kasiin prozac atu2, haha..

Anonymous said...

edodoe..
haha..
keren amat ngebahasnyaa..
baru tau gw lu suka yg gini2an,wakaka..
bgus tapi do.. jadiin archive aja buat nyari penyakit2 apa gt ntar..
hahaa..

Anonymous said...

wah edo ada blog. haha koq nulisnya ttg ginian? liat blog gw juga. ga nyambung sama tekkim. sama kita do.. haha www.ferdiedm.co.cc

Anonymous said...

Huhhh... Kemaren nyela gue karna gue bilang nyasar di Tekim. Ternyata sama aja. Dasarr..... :D